islami Pictures, Images and Photos

17 Februari, 2009

Jambidan di incar para pengembang



Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul menjadi lokasi perumahan yang banyak diincar oleh pengembang. Selain karena lokasinya berdekatan dengan daerah perkotaan, Pemerintah Kabupaten Bantul juga memberikan kemudahan kepengurusan izin. Akibatnya harga tanah di wilayah tersebut merambah naik. Sejumlah lokasi perumahan baru muncul di Desa Baturetno, Jambidan, dan Potorono.Di Desa Jambidan misalnya perumahan baru ditawarkan dengan harga mulai Rp 77 juta. Pihak pengembang menyediakan 111 unit dengan berbagai tipe mulai dari 21 hingga 45. Hal serupa juga dijumpai di Desa Baturetno dengan harga sekitar Rp 150 juta.

Dampak perkembangan perumahan yang begitu pesat adalah naiknya harga tanah. Di Dusun Ironayan, Desa Baturetno misalnya harga tanah yang semula hanya berkisar Rp 150.000-Rp 200.000 per meter, kini melonjak menjadi Rp 350.000 per meter. Ke depan saya yakin harganya masih akan terus naik. Apalagi sarana jalan aspal semakin banyak, sehingga minat pengembang pun makin tinggi, kata Pardi, warga Dusun Ironayan.

Selain lokasinya strategi, alasan pengembang memilih dua kecamatan tersebut karena Pemkab Bantul memberikan izin kemudahan. Mengurus izin di Bantul lebih mudah. Biayanya juga tidak terlalu tinggi. Sekarang ini banyak pengembang yang mulai fokus merambah ke wilayah Bantul, kata Winarno dari salah satu pengembang yang tengah membangun perumahan Gilang Asri.

( sumber : Kompas.com )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar